Super Fusion

Sebagai digital marketer, Saya menyadari satu hal: Saya harus belajar banyak ilmu. Kadang malah nggak Ada hubungannya sama digital itu sendiri.

Kenapa? Karena dunia ini makin terhubung. Ternyata, terhubungnya nggak cuma di transportasi atau komunikasi, tapi di keilmuan juga. Bahasa Jawa nya itu: skill-set.

Sederhananya begini. Content marketing adalah sebuah metode marketing yang mengakuisisi user dengan cara mengedukasi mereka dengan konten-konten bermutu.

Nah, saya punya pendapat ilmu copywriting bagian dari content marketing. Soalnya, copywriting adalah teknik bagaimana menarik orang dengan teks, sementara content marketing adalah keseluruhan prosesnya mulai dari strategi, sistem, alur, dll.

Masalahnya, menurut saya, seorang copywriter nggak Akan bisa menulis copy dengan baik kalau dia belum memahami Facebook Ads.

Nah, apa lagi itu?

Coba buka Newsfeed Facebook kamu. Kalau Ada tulisan sponsored, itulah yang namanya Facebook Ads. Mutlak dibutuhkan copywriter yang memahami karakter produk yang dijual supaya orang tertarik klik iklan dan mau membeli.

Uniknya, memang ada ciri khas khusus kalau mau menulis copy ads yang mungkin ciri itu nggak Ada di menulis copy secara umum.

Atau katakanlah Setelah Kita menulis, Kita perlu menganalisa tulisan Kita. Apakah is diminati? Atau banyak orang yang muntah? Ini juga perlu skill analytics, Kan. Atau Setelah Kita mengumpulkan data like, Komen, Dan share, Kita perlu menarik insight dari sana.

Saat mau membuat survey, Kita perlu belajar riset sedikit. Supaya orang-orang mau mengisi survey itu, Kita perlu belajar sedikit UI/UX yang bagus. Supaya yang mengisi survey banyak, kita perlu belajar paid traffic.

Seru, Kan? Digital makin berkembang. Ilmunya juga Makin saling kait-mengkait. Semua jadi seperti cerita Dragon Ball. Udah seperti super fusion saja.

Terus hubungannya dengan Kita apa? Urgent buat Kita paham dengan dunia Maya ini. Seenggaknya mindset nya saja deh, nggak harus teknis detail. Kita sudah nggak bisa malas-malasan ogah belajar tentang dunia digital, apa lagi denial.

Alkisah, di dunia Bhu sangat kuat. Songoku yang berubah wujud jadi Super Saiya 3 pun tidak bisa mengalahkannya. Harapan satu-satunya Ada di Trunks dan Goten. Mereka pun melakukan Fusion dan berhasil mendesak Bhu.

Bayangkan Bhu itu Bisnis kamu dan bisnis kamu tengah dihantam sama “fusion-ilmu”. Bisa-bisa bisnis kamu tewas seperti Bhu kalau kamu denial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *